3 Cara Menanam Biji Anggur Agar Cepat Bertunas

Cara Menanam Biji Anggur Agar Cepat Bertunas – Memiliki pohon anggur di rumah tentu sangat menguntungkan, terutama untuk anda pecinta anggur. Selain buahnya bisa kita konsumsi sendiri, juga bisa kita jual sebagai penghasilan tambahan. Nah, menanam anggur sendiri di rumah tidaklah sulit.

Kita bisa menanam anggur dari biji anggur yang kita beli atau anggur yang kita konsumsi. Mendapatkan bibit anggur dari hasil tanam biji sangat memungkinkan. Cara ini sudah banyak dilakukan. Anda juga bisa mencoba mengikutinya.

Tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu cara yang benar agar menanam biji anggur cepat bertunas. Nah, berikut ini kami hadirkan beberapa cara menanam biji anggur yang bisa anda simak.

Cara Menanam Biji Anggur

Cara Menanam Biji Anggur Agar Cepat Bertunas

Jika mengetahui cara yang tepat, menanam anggur dari biji tentu akan lebih mudah dilakukan. Yuk simak cara menanam biji anggur agar cepat bertunas berikut ini.

Mempersiapkan Wadah Semai

Cara Menanam Biji Anggur

Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan wadah semai. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama-tama, silakan siapkan wadah semai yang akan digunakan untuk penyemaian di ruangan. Wadah yang harus disiapkan yaitu berupa toples. Sebaiknya anda menyiapkan toples transparan.
  • Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan media semai. Media semai yang harus disiapkan berupa kapas.
  • Media semai biji anggur silakan dibasahi dengan menggunakan air sampai kebasahannya 60 %, yaitu saat diangkat tidak meneteskan air. Namun saat diremas akan meneteskan air.
  • Kemudian kapas basah tersebut silakan dimasukan ke dalam wadah.

Mempersiapkan Biji Anggur

Cara Menanam Biji Anggur

Jika mempersiapkan wadah semai sudah anda lakukan, langkah berikutnya yaitu menyiapkan biji anggur sebagai calon bibit. Simak caranya berikut ini.

  • Silakan beli anggur yang telah benar-benar matang di pasar.
  • Biji anggur dikeluarkan dan pilih biji yang besar dan bulat berisi.
  • Kemudian biji anggur yang sudah anda pilih tersebut silakan masukan ke dalam air dalam wadah. Untuk disemai anda bisa memilih biji yang tenggelam saja.
  • Jika kumpulan biji anggur sudah terseleksi, anda bisa mengeluarkannya dari air. Lalu keringkan.
  • Apabila sudah kering, anda bisa meletakan biji anggur tersebut di atas wadah semai. Pastikan biji anggur tidak bertindihan ataupun bersinggungan.

Baca juga : 3 Cara Mudah Menumbuhkan Stek Anggur Menggunakan Media Air

Cara Agar Biji Anggur Cepat Bertunas

Cara Menanam Biji Anggur

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan supaya tanaman biji anggur cepat bertunas.

  • Untuk melakukan penyemaian anda harus menggunakan toples yang tertutup. Untuk tutup toples harus diberikan lubang-lubang berukuran kecil.
  • Selanjutnya basahi media semai dengan menggunakan air rendaman beras.
  • Kemudian persemaian letakan di tempat yang teduh atau di bawah naungan. Yang terpenting tidak terkena oleh sinar matahari langsung.

Biji anggur merupakan bagian tanaman yang lengkap, dimana di dalamnya terdapat calon akar, batang dan daun. Sehingga tidak membutuhkan tambahan zat apapun ketika penyemaian, selain media semai dan air. Tunas anggur akan mulai muncul biasanya pada hari ke 5 atau hari ke 7. Anda sudah bisa menyediakan media tanam. Dengan cara ini tunas baru biasanya akan cepat tumbuh jika dibandingkan dengan penyemaian di tanah terbuka.

Itulah cara menanam biji anggur agar cepat bertunas yang dapat anda ikut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply