5 Tips Persiapan Media Tanam Anggur

Tips Persiapan Media Tanam Anggur – Anggur merupakan tanaman buah merambat yang bisa anda jadikan pilihan untuk budidaya tanaman buah di halaman rumah. Tanaman anggur itu sendiri dapat tumbuh di dataran rendah.

Nah, untuk anda yang hobi bercocok tanam, anda dapat mencoba menanam pohon anggur pada pot. Menanam anggur dalam pot tentunya tidak membutuhkan lahan luas. Hanya ditanam dalam pot saja, tanaman ini bisa subur dan menghasilkan buah banyak. Bahkan anda bisa menjadikannya sebagai usaha rumahan.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menanam anggur dalam pot, mulai dari menyiapkan bibit, media tanam hingga perawatan anggur agar tumbuh subur. Nah, di bawah ini tips persiapan media tanam anggur dalam pot.

Tips Persiapan Media Tanam Anggur

Tips Persiapan Media Tanam Anggur

Ketika hendak menanam anggur, anda tentu sudah menyediakan hal-hal yang penting untuk proses menanam anggur, baik itu bibit tanaman anggur maupun media tanamnya. Sebelum menanam bibit tanaman anggur, anda harus menyiapkan terlebih dahulu media tanam seperti berikut ini.

Pilih Pot

Tips Persiapan Media Tanam Anggur

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam menyiapkan media tanam anggur yaitu memilih pot. Seperti tanaman buah lainnya, anda harus menyesuaikan pot yang akan digunakan dengan jenis tanaman yang akan anda budidayakan.

  • Untuk anggur, anda bisa memilih ukuran pot berdiameter sekitar 50 cm dan tingginya sekitar 30 hingga 50 cm.
  • Untuk bahan pot itu sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan. Anda bisa memakai bahan pot yang terbuat dari plastik ataupun dari semen.
  • Jika anda memilih pot yang terbuat dari plastik, anda bisa memilih pot yang kokoh dan tidak mudah pecah dan mempunyai lubang pembuangan air pada bagian dasarnya.

Perhatikan Komposisi Media Tanam Anggur

Tips Persiapan Media Tanam Anggur

Pohon anggur menyukai kondisi tanah yang gembur, subur, mendapatkan air yang cukup serta unsur haranya kaya.

  • Meskipun begitu, sebaiknya anda menghindari memakai tanah gambut. Pasalnya tanah ini akan dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman anggur terhambat.
  • Untuk media tanam anda bisa menggunakan komposisi dari tanah liat, tanah berpasir, serta mempunyai porositas tinggi. Dengan komposisi ini maka akan lebih mudah dalam menyerap unsur hara.

Pemupukan Dasar

Tips Persiapan Media Tanam Anggur

Untuk tanaman anggur, pupuk yang terbaik yaitu memakai pupuk organik. Dimana pupuk organik terbaik yakni dengan kandungan unsur hara makro-mikro yang lengkap.

  • Silakan campurkan pupuk dengan media tanam. Lalu anda bisa menyiram media tanam hingga lembab.
  • Kemudian media tanam bisa digunakan untuk¬† menanam bibit anggur.

Menanam Bibit Anggur

Tips Persiapan Media Tanam Anggur

Jika media tanam sudah siap, langkah berikutnya yaitu menanam bibit anggur di dalam pot.

  • Lubang dengan kedalaman 5 hingga 10 cm silakan dibuat, atau sesuai ketinggian bibit anggur itu sendiri.
  • Selanjutnya, bibit anggur tanamkan dari akar sampai bagian batang bawah bibit.
  • Lalu tutup lagi dengan memakai tanah sampai bagian batang bawah pada bibit tertutup.
  • Kemudian siram hingga lembab dan basah.
  • 1 sampai 2 hari awal, anda bisa menyimpan tanaman anggur di tempat teduh, serta tidak mendapatkan sinar matahari langsung.

Baca juga : 5 Cara Memangkas Pohon Anggur

Itulah tips persiapan media tanam anggur pada pot. Setelah menyiapkan media tanam dan menanam anggur, agar tanaman anggur tumbuh subur dan berbuah banyak, tentunya anda harus merawatnya dengan baik yang meliputi pemangkasan, penyiraman, penyiangan dan lain sebagainya.

Leave a Reply