Agar Buah Anggur Berlimpah, Perhatikan Faktor-Faktor Ini

Agar Buah Anggur Berlimpah, Perhatikan Faktor-Faktor – Menanam buah anggur harus dilakukan dengan baik dan benar agar dapat berbuah dengan lebat. Setelah menanam anggur, beberapa perawatan penting harus anda lakukan. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang harus diketahui agar buah anggur tumbuh melimpah. Simak beberapa faktor agar buah anggur berlimpah seperti berikut ini.

Agar Buah Anggur Berlimpah

Faktor-Faktor yang Harus Diperhatikan Agar Buah Anggur Melimpah

Berikut ini faktor-faktor yang penting untuk diperhatikan ketika anda menanam anggur supaya dapat menghasilkan buah melimpah, manis dan enak.

Waktu Dasar

Agar Buah Anggur Berlimpah

Mengetahui waktu dasar pertumbuhan tanaman anggur penting dilakukan seperti berikut ini.

  • Saat memasuki musim semi, pada tanaman anggur hanya akan terdapat satu set tunas kecil tumbuh. Pada tahu pertama, tunas ini akan tumbuh relatif cepat dan mengembangkan batang tebal. Namun, masih belum siap untuk menghasilkan buah anggur.
  • Saat musim semi kedua, tanaman anggur tetap tumbuh. Beberapa tandan buah anggur muncul namun buahnya masih kecil.
  • Lalu ketika musim semi ketiga, buah anggur yang dihasilkan tanaman anggur jauh lebih besar, matang dan banyak serta rasanya segar dan manis.

Pemangkasan

Agar Buah Anggur Berlimpah

Anggur

Dalam proses penanaman anggur, pemangkasan merupakan salah satu perawatan yang penting untuk dilakukan. Anggur akan berkembang pada pertumbuhan baru, bertunas pada kayu ketika berumur setahun. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa tanaman anggur pada tahun kedua tidak menghasilkan buah. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemangkasan supaya tanaman anggur dapat berbuah.

  • Di tahun pertama, anda bisa memangkas semua kecambah yang muncul pada tanah, terkecuali yang kondisinya paling kuat. Dari satu ini biarkan sebanyak empat dahan pertama berkembang. Untuk sisanya bisa anda pangkas.
  • Di tahun kedua anda bisa melatih dahan ini dua tingkat pada sepanjang teralis ketika sudah panjang dan pada setiap sisi keluar.
  • Di musim gugur kedua anda bisa memangkas tanaman anggur 70 persen. Sisakan hanya batang utama beserta dahan saja.

Sinar Matahari

Agar Buah Anggur Berlimpah

Hal yang tidak kalah penting lainnya yaitu sinar matahari. Tanaman anggur tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya sinar matahari.

  • Oleh karena itu, pastikan tanaman anggur mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Tanaman anggur harus mendapatkan sinar matahari tujuh sampai delapan jam setiap harinya agar dapat berbuah dengan banyak.

Tanah

Agar Buah Anggur Berlimpah

Kondisi tanah juga sebaiknya diperhatikan. Tanaman anggur memerlukan tanah yang dikeringkan agar akar tetap sehat. Tanah lempung lebih disukai tanaman anggur. Namun, juga dapat bertahan hidup pada tanah yang lebih padat yang terpenting drainasenya baik.

Pematangan

Agar Buah Anggur Berlimpah

Untuk menilai apakah anggur sudah matang atau belum tidak hanya bisa melihat warna dan ukuran anggur saja. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencicipi rasanya.

  • Cicipi anggur yang dirasa sudah matang. Anda bisa mencoba apakah anggur sudah manis atau belum.
  • Jika anggur rasanya sudah sesuai dengan yang anda suka, maka anda bisa langsung memetik atau memanennya.
  • Setelah dipetik anggur tidak akan menjadi lebih manis. Oleh karena itu, pastikan anggur tetap berada dipohon hingga mencapai tingkat kematangan tepat.

Baca juga : 5 Cara Budidaya Anggur Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Itulah beberapa faktor yang harus diperhatikan agar buah anggur melimpah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply