5 Cara Memangkas Pohon Anggur

Cara Memangkas Pohon Anggur  – Setelah menanam pohon anggur, anda tentu jangan membiarkannya begitu saja. Namun, tanaman anggur harus dirawat dengan maksimal agar tumbuh subur dan berbuah lebat. Nah, salah satu perlakuan yang penting yaitu pemangkasan. Hal ini bertujuan supaya pohon anggur menghasilkan buah yang baik. Yuk simak cara pemangkasan pohon anggur berikut ini.

Cara Memangkas Pohon Anggur

Cara Memangkas Pohon Anggur

Cabang-cabang tanaman anggur yang tidak terawat akan kusut. Sehingga semua cabang tidak akan menerima cahaya matahari dengan merata. Selain itu, perputaran udara akan terhalang sehingga tanaman akan mudah terkena penyakit. Oleh karena itu, pembentukan tanaman sebaiknya dilakukan, terutama untuk tanaman yang tumbuh semrawut.

Nah, sebelum tanaman anggur ditata kembali, anda bisa membuat penyangga terlebih dahulu terdiri 2 batang kayu, serta kawat. Untuk caranya silakan tanam kayu sebanyak 2 batang berjarak 20 tunas daun anggur, batang pokok anggur posisinya ada di tengah-tengah. Lalu bentangkan kawat antara kedua kayu tadi. Untuk kawat yang satu sebatas pinggang, lalu untuk lainnya setinggi kepala. Nah, setelah itu anda bisa melakukan langkah selanjutnya seperti berikut ini.

Membentuk Batang Pokok

Cara Memangkas Pohon Anggur

Langkah pertama yaitu membentuk batang pokok. Batang yang dijadikan batang pokok tidak harus yang terbesar atau yang tertua. Anda dapat memilih yang sehat dan vertikal. Para petani biasanya akan memilih batang yang lebih muda jika dibandingkan dengan batang awal sehingga akan lebih lentur.

  • Nah, silakan anda memilih batang yang dijadikan batang pokok.
  • Kemudian semua cabang yang tumbuh di bawahnya silakan dipotong.

Memilih Canes

Cara Memangkas Pohon Anggur

Selanjutnya yaitu memilih canes. Canes itu sendiri merupakan cabang bekas anggur bergelantung. Canes memiliki beberapa ciri seperti kulit kayunya halus dan agak licin, warnanya kehitaman.

  • Anda dapat memilih 4 canes tumbuh horizontal, serta saling berlawanan arah. Yakni 2 ke kiri dan 2 ke kanan.
  • Kemudian jarak pasangan canes yang pertama dan canes yang kedua, sebaiknya setinggi pinggang. Lalu pasangan berikutnya tingginya sebatas kepala. Hal ini disesuaikan tinggi bentangan kawat yang telah anda persiapkan.

Pelihara Cabang Baru

Cara Memangkas Pohon Anggur

Memelihara cabang baru bertujuan untuk memacu produksi buah saat musim selanjutnya. Maka dari itu, semua cabang tidak dibiarkan tumbuh.

  • Anda bisa memilih yang dekat batang pokok, serta terdapat tanda mempunyai tunas.
  • Kemudian tentukan empat cabang yang tingginya sama dengan canes yang terpilih. Lalu untuk sisanya dipotong.
  • Cabang terpilih yang dipelihara cuma 2 tunas ke arah batang pokok, kemudian untuk yang lainnya dipotong.

Ranting yang Tidak Perlu Dibuang

Cara Memangkas Pohon Anggur

Langkah berikutnya yaitu membuang ranting yang tidak dibutuhkan.

Selain cabang baru dan canes yang dipilih, semua ranting ataupun cabang baru silakan dibuang. Ini dilakukan agar sinar matahari dapat merata, zat makanan cuma tertuju pada cabang serta canes dan sirkulasi udaranya baik.

Pelihara 40 Tunas

Cara Memangkas Pohon Anggur

Cabang dan canes yang terpilih sebaiknya jangan dibiarkan memanjang tidak menentu. Yuk simak di bawah ini.

  • Setiap canes sebaiknya berisi 10 tunas. Untuk selebihnya bisa dipotong. Sehingga pada 1 pohon tumbuh 40 tunas.
  • Canes tersebut lilitkan pada kawat yang sudah terpasang, kemudian ikat.

Baca juga : 2 Tips Membuahkan Anggur dengan Mudah

Itulah cara memangkas pohon anggur. Diharapkan anggur yang anda tanam rasanya manis dan buahnya lebih besar.

Leave a Reply