Cara Membuahkan Pohon Anggur Agar Lebat dan Manis

Cara Membuahkan Pohon Anggur Agar Lebat dan Manis – Saat menanam pohon anggur, anda tentu berharap dapat menghasilkan buah yang lebat dan rasanya manis. Nah, itu semua tidak bisa terlepas dari perawatan. Tentunya anda harus merawat pohon anggur dengan tepat agar tumbuh subur dan buahnya lebat serta manis.

Untuk membantu membuahkan pohon anggur supaya buahnya lebat dan manis, yuk simak beberapa cara membuahkan pohon anggur di bawah ini.

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Cara Membuahkan Pohon Anggur Agar Lebat dan Manis

Sekali panen menghasilkan buah anggur yang banyak dan rasanya manis tentu menjadi dambaan semua petani anggur. Yuk simak cara membuahkan pohon anggur agar lebat dan manis berikut ini.

Perhatikan Kondisi Lahan

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Memperhatikan kondisi lahan tanam sangat penting untuk dilakukan. Kondisi lahan akan mempengaruhi kualitas dari pohon anggur itu sendiri, sehingga pastikan anda mencari lahan dengan kondisi yang baik.

  • Pilihlah lahan berpasir, serta gembur untuk menanam anggur.
  • Lahan yang anda gunakan untuk menanam buah anggur juga sebaiknya mengandung unsur hara yang banyak. Pasalnya tanaman anggur memerlukan unsur hara yang cukup.
  • Pilih juga lahan yang memiliki kadar asam netral. Jika lahan kadarnya tidak netral akan menyebabkan tanaman anggur sulit untuk berbuah.

Perhatikan Cuaca

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Pohon anggur tidak akan dapat tumbuh sembarangan. Hanya pada cuaca dan lingkungan tertentu saja buah yang satu ini dapat tumbuh dengan baik.

  • Pilihlah daerah yang mempunyai musim kemarau panjang atau lebih 3 bulan. Curah hujan harus rendah supaya tanaman anggur bisa tumbuh dengan baik.
  • Untuk tanaman anggur suhu udara terbaik yaitu 10 derajat Celcius hingga 40 derajat Celcius.
  • Sinar matahari sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anggur. Pohon anggur membutuhkan sinar matahari setidaknya 7 jam dalam sehari. Oleh karena itu, pastikan anda menanam anggur jauh dari bangunan atau tanaman yang lainnya.
  • Supaya pohon anggur cepat berbuah, kelembaban udara yang diperlukan yaitu 75 persen hingga 80 persen. Hindari mencari tempat yang kelembaban udaranya lebih atau kurang karena pertumbuhan anggur tidak akan optimal.

Melakukan Perawatan dengan Berkala

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Dalam budidaya anggur melakukan perawatan sangat penting untuk dilakukan. Dengan perawatan yang baik dan benar maka buah anggur yang dihasilkan akan menjadi berkualitas. Perawatan penting dilakukan dari mulai menanam bibit anggur sampai setelah dilakukannya panen.

  • Tanaman anggur harus dilakukan penyiangan dengan rutin. Tujuannya untuk memastikan supaya kondisinya baik-baik saja.
  • Penyiangan bisa dilakukan dua kali dalam sehari sebab hama dan gulma bisa saja menyerang kapanpun. Dimana penyiangan ini bisa dilakukan ketika pagi atau sore.
  • Memberikan pupuk dengan rutin ketika bibit tanaman anggur mulai ditanam sampai anggur usianya satu tahun. Pastikan anda memberikan pupuk dengan tepat.
  • Anda harus menyiram tanaman anggur dengan rutin dalam setiap harinya. Pastikan saat menyiram tidak terdapat air menggenang.

Baca juga : Tips Pemupukan Tanaman Anggur Dalam Pot

Kontrol Hama dan Penyakit

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Tanaman anggur tidak akan pernah terlepas dari serangan penyakit atau hama. Serangan penyakit maupun hama akan membuat pertumbuhan anggur terhambat dan menyebabkan gagal panen.

  • Cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan hama yaitu penyiangan dengan rutin.
  • Jika anda menemukan terdapat serangan hama, bagian yang sudah rusak bisa anda potong.
  • Namun, jika serangannya sudah parah bisa memakai pestisida.

Itulah beberapa cara membuahkan pohon anggur agar lebat dan buahnya manis. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply