3 Cara Membuahkan Pohon Anggur yang Tidak Mau Berbuah

Cara Membuahkan Pohon Anggur yang Tidak Mau Berbuah – Menanam pohon anggur di pekarangan rumah menjadi salah satu cara untuk mempercantik tampilan pekarangan rumah anda. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan hasil buahnya dan mengonsumsinya. Untuk anda yang hobi berkebun, kegiatan menanam, merawat hingga memanen buah anggur tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Hanya saja, tidak selamanya menanam pohon anggur berjalan lancar seperti yang kita harapkan. Dibutuhkan pengetahuan lebih mengenai cara yang baik dan benar dalam menanam pohon anggur. Nah, biasanya salah satu masalah yang kerap kali dialami saat menanam buah anggur yaitu pohon anggur yang tidak mau berbuah.

Meskipun sudah ditanam bertahun-tahun dan dirawat dengan baik, menyiram dan memberikannya pupuk, namun pohon anggur tidak mau berbuah. Agar pohon anggur dapat berbuah lebat, maka anda harus mengetahui cara membuahkan pohon anggur yang tidak mau berbuah. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan.

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Cara Membuahkan Pohon Anggur yang Tidak Mau Berbuah

Memetik buah anggur yang lebat di halaman rumah adalah impian. Terlebih lagi di Indonesia pohon anggur akan berbuah pertama kalinya ketika umur setahun. Untuk anda yang pohon anggurnya tidak mau berbuah meskipun sudah ditanam bertahun-tahun, simak cara membuahkan pohon anggur berikut ini.

Menyiram Tanaman Sesering Mungkin

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Cara membuahkan pohon anggur yang pertama yaitu dengan menyiramnya lebih sering. Menyiram merupakan salah satu perawatan tanaman yang tidak boleh dilupakan.

  • Anda harus menyiram tanaman anggur 2 kali sehari. Pasalnya anggur membutuhkan kelembaban tinggi.
  • Pastikan anda juga menyiramnya dengan rutin dan tanaman anggur mendapatkan air yang cukup.

Memuasakan Tanaman Anggur

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Jika tanaman anggur sudah terlihat subur, langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu memuasakan tanaman anggur.

  • Caranya yaitu tidak menyiram tanaman anggur selama 7 hari.
  • Tanaman anggur yang telah dipuasakan air selama sekitar 7 hari, kemudian disiram kembali selama 2 hari.

Baca juga : 5 Cara Stek Pohon Anggur yang Benar Supaya Berbuah Subur dan Lebat

Memberikan Pupuk Pada Tanaman Anggur

Cara Membuahkan Pohon Anggur

Pemupukan juga menjadi hal yang penting supaya tanaman anggur dapat tumbuh subur dan berbuah.

  • Anda sebaiknya memupuk tanaman anggur menggunakan campuran pupuk NPK & KCL, perbandingannya yaitu 50:5.
  • Pada hari ketiga setelah tanaman anggur disiram air, anda harus membuang semua daun anggur.
  • Kemudian ranting-ranting kecil yang tidak sehat dibuang.
  • Beberapa saat setelah tanaman anggur dipangkas, luka karena pemangkasan akan mengeluarkan air. Ini menjadi tanda cabang yang dipangkas telah cukup umur. Dua minggu kemudian, mata tunas pada cabang pohon anggur yang tersisa akan tumbuh daun dan bunga. Dimana bunga yang muncul akan selalu berhadapan dengan daun. Selanjutnya sebulan setelah dipangkas, malai bunga yang keluar akan terlihat jelas.

Itulah beberapa cara membuahkan pohon anggur yang tidak mau berbuah. Anda bisa mencoba cara di atas agar pohon anggur di rumah anda kembali berbuah. Memiliki pohon anggur yang berbuah lebat tentu menjadi kebahagiaan tersendiri untuk anda. Selain mendapatkan hasil buah anggur yang bisa dimakan, anda juga tentu akan merasa bangga karena telah berhasil menanam anggur dari awal hingga akhirnya berbuah. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply