Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Anggur

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Anggur – Menanam anggur baik di lahan ataupun di pot saat ini banyak diminati. Hasil panen buah anggur bisa dikonsumsi sendiri, terlebih lagi buah anggur memiliki rasa yang enak, segar dan memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Saat menanam anggur, tidak cukup dengan menanamnya pada media tanam saja. Namun, anda perlu merawat tanaman anggur agar tumbuh subur dan berbuah lebat. Salah satu perawatan penting tanaman anggur yaitu pemberian pupuk.

Pupuk untuk tanaman anggur itu sendiri memiliki jenis yang beragam, ada pupuk organik padat, pupuk kimia pabrikan dan pupuk organik cair. Dimana jenis-jenis pupuk ini mempunyai manfaat beragam. Pemberiannya disesuaikan fase pertumbuhan tanaman anggur itu sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini kami hadirkan cara membuat pupuk organik cair yang ampuh untuk membantu pertumbuhan anggur. Sebenarnya pupuk organik cair memiliki banyak jenisnya. Namun, pada kali ini bahan yang dipakai sederhana dan tentunya mudah untuk didapatkan. Yuk simak cara membuat pupuk organik cair untuk anggur di bawah ini.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Anggur

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Anggur

Cara membuat pupuk organik cair untuk anggur, mulai dari menyiapkan bahan hingga cara mengaplikasikannya. Yuk simak berikut ini.

Menyiapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Anggur

Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu menyiapkan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan. Adapun beberapa bahan dan alat yang harus disiapkan di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Siapkan air kelapa sebanyak 5 liter
  • 1 gelas bekas air mineral molase
  • 1 hingga 2 botol yakulit. Dimana yakult berfungsi untuk bakteri pengurai, serta supaya POC tidak bau busuk.
  • 0,5 gelas EM4
  • Jerigen

Cara Pembuatan

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Anggur

Jika semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah anda sediakan, sekarang anda bisa langsung membuat pupuk organik cair. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama-tama, silakan campurkan bahan-bahan sesuai dengan takaran seperti yang sudah disebutkan di atas. Kemudian aduk semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur dengan merata.
  • Bahan-bahan yang telah dicampurkan silakan masukan ke dalam jerigen. Aduk-aduk lagi hingga merata. Jika sudah, anda bisa menutupnya hingga rapat.
  • Setelah itu, pupuk silakan diletakan pada tempat teduh dengan kondisi lembab. Hindari dari sinar matahari.
  • Tunggu selama sebulan untuk fermentasi.
  • Apabila sudah selesai proses fermentasi, pupuk organik bisa anda pakai.

Cara Mengaplikasikan Pada Tanaman

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Untuk Anggur

Setelah selesai membuat pupuk, anda tentu harus mengetahui cara yang baik dan benar mengaplikasikan pupuk pada tanaman. Berikut ini cara mengaplikasikan pupuk organik cair pada tanaman anggur.

  • Untuk mengaplikasikannya bisa dengan mengocorkan pupuk pada sekitar pangkal batang, juga pada perakaran tanaman.
  • Anda bisa menggunakan dosis sebanyak 0.5 gelas air mineral POC yang dilarutkan dengan air sebanyak 10 liter.
  • Aplikasikan pupuk dengan dosis yang sesuai supaya tanaman anggur tidak mengalami overdosis.  Adapun tanda tanaman anggur overdosis yaitu pucuknya puret atau membelok atau bisa saja bagian pinggir daun anggur layu dan gosong.
  • Nah, jika tanaman sudah mengalami overdosis, langkah yang harus dilakukan yaitu media tanam harus segera disiram dengan menggunakan banyak air agar pupuk yang terserap media tanam larut dan terbawa air. Langkah ini bisa dilakukan pada tanaman anggur yang ditanam di lahan ataupun tanaman anggur yang ditanam pada pot.

Baca juga : Tips Pemupukan Tanaman Anggur Dalam Pot

Nah, itulah cara membuat pupuk organik cair yang bisa anda simak. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply