4 Cara Menanam Anggur Dalam Pot yang Baik dan Benar

Cara Menanam Anggur Dalam Pot yang Baik dan Benar – Selain ditanam di kebun atau pekarangan, tanaman anggur juga bisa anda tanam di dalam pot. Anda bisa menyimpannya di pekarangan rumah agar semakin cantik. Selain itu, setelah berbuah, buahnya pun bisa anda nikmati. Nah, berikut ini cara menanam anggur dalam pot yang harus anda perhatikan.

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Cara Menanam Anggur Dalam Pot yang Baik dan Benar

Beberapa hal yang harus anda perhatikan  saat menanam anggur dalam pot, mulai dari memilih pot hingga perawatannya. Yuk simak di bawah ini.

Pilih Pot yang Baik

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Cara pertama yang dapat dilakukan saat menanam anggur dalam pot yaitu menentukan terlebih dahulu pot yang akan digunakan untuk menanam. Pemilihan pot sangat penting diperhatikan agar tanaman anggur lebih enak dipandang dan dapat mempercantik halaman rumah anda.

  • Pilihlah pot yang memiliki tampilan bagus dan baik.
  • Pilihlah diameter permukaan pot yang lebih besar dibandingkan permukaan bawah atau bisa juga yang ukurannya sama besar.
  • Anda bisa memakai pot yang terbuat dari plastik, tanah ataupun semen. Akan tetapi, yang disarankan untuk budidaya anggur yaitu pot yang terbuat dari tanah. Pasalnya pot dari tanah mempunyai pori-pori di bagian dasarnya yang bisa menyerap air. Sehingga akar tanaman anggur tidak akan mudah mengalami kekeringan.
  • Agar lebih indah, pilihlah pot dari tanah yang dilengkapi dengan ukiran yang menarik.

Siapkan Media Tanam

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Setelah memilih pot, langkah selanjutnya yaitu menyediakan media tanam. Media tanam yang cocok untuk tanaman anggur yaitu pasir, serta pupuk kandang. Pasir mudah ditembus akar anggur.

  • Caranya sebelum media tanam dimasukan, silakan campurkan dengan merata kedua media tersebut.
  • Pada sepertiga bagian bawah pot, anda dapat menambahkan tanah gembur. Ini dilakukan agar air tidak mudah keluar dari pot.

Baca juga : Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot Agar Mudah Berbuah

Tanam Anggur Dalam Pot

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Apabila media tanam sudah disiapkan, berikutnya yaitu menanam anggur dalam pot. Yuk simak caranya berikut ini.

  • Pertama, silakan masukan media tanah pada pot yang sudah anda sediakan.
  • Lalu masukan pecahan genteng atau batu bata di bagian dasar pot.
  • Kemudian masukan juga media pasir, serta pupuk kandang yang sudah dicampur. Anda harus mengisi pot hingga kondisinya hampir penuh.
  • Di bagian tengah pot, buatlah lubang tanam dengan ukuran bisa disesuaikan dengan polybag yang digunakan untuk pembibitan.
  • Silakan polybag disobek, lalu masukan bibit anggur dalam lubang yang sudah dibuat. Lalu posisi tanaman diatur supaya tegak.
  • Langkah berikutnya silakan lubang ditutup dan siram secukupnya saja. Setelah selesai menyiram, media tanam akan menurun 5 cm.
  • Selanjutnya tanaman anggur bisa disimpan di tempat yang terkena matahari.

Melakukan Perawatan Pada Tanaman Anggur

Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Tanaman anggur yang ditanam dalam pot harus dirawat dengan intensif. Merawat tanaman anggur dalam pot lebih mudah dilakukan. Simak tips merawat tanaman anggur di bawah ini.

  • Menyiram tanaman anggur dilakukan setiap hari yakni saat sore hari. Saat menyiram anda harus melakukannya dengan hati-hati supaya air tidak membuat media tanam rusak. Pasalnya media tanam tanaman anggur ini akan mudah bergerak jika tidak hati-hati saat menyiram. Hal ini akan menyebabkan berubahnya posisi akar dan tanaman akan menjadi mudah mati.
  • Berikan ajir atau rambatan. Dimana fungsinya yaitu agar tanaman anggur dapat tumbuh lurus. Anda bisa menggunakan ajir dari bahan kayu ataupun bilahan bambu dengan panjang sekitar 1 m dan ketebalannya 1,5 cm. Ajir ini berperan untuk menyangga bibit anggur hingga waktu pemangkasan pertama. Dalam satu pot anda bisa memberikan empat ajir.
  • Ketika menanam anggur pada pot, pemupukan bisa anda lakukan pada tanaman yang baru ditanam. Gunakan pupuk urea dan dosisnya harus cukup 1 sendok makan. Dimana pupuk urea bisa anda berikan sekali dua minggu hingga tanaman anggur usianya 3 bulan. Jika sudah 3 bulan, anda bisa menambahkan dosis pupuk menjadi 2 sendok makan dan bisa diberikan sebanyak 1 kali sebulan.

Itulah cara menanam anggur dalam pot yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply