3 Cara Menanam Anggur Import Dalam Pot

Cara Menanam Anggur Import Dalam Pot – Siapa yang tidak kenal buah anggur? Buah yang satu ini termasuk salah satu buah yang disukai banyak orang. Rasanya enak dengan sensasi manis dan segar. Bisa dinikmati langsung atau dijadikan smoothies dan lain sebagainya.

Anda bisa mencoba menanam anggur di rumah. Ada banyak varietas jenis anggur, mulai dari varietas lokal hingga import. Salah satu jenis anggur import yaitu varietas ninel. Jenis anggur ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Tanaman anggur ini mudah dikembangkan, serta tidak mengenal musim untuk berbuah. Dalam setahun bahkan tanaman anggur ini mampu berbuah sebanyak 3 kali.

Nah, untuk anda yang tertarik ingin menanam anggur import jenis ninel di rumah, anda bisa simak cara menanam anggur import dalam pot di bawah ini.

Cara Menanam Anggur Import Dalam Pot

Cara Menanam Anggur Import Dalam Pot

Ketika menanam anggur, anda tentu ingin anggur tumbuh dengan baik dan cepat berbuah bukan? Oleh karena itu, anda bisa simak cara menanam anggur import di bawah ini.

Menyiapkan Pot

Cara Menanam Anggur Import Dalam Pot

Langkah pertama kali yang harus dilakukan saat menanam anggur import yaitu menyiapkan pot. Simak caranya di bawah ini.

  • Silakan siapkan pot yang akan digunakan untuk menanam anggur. Anda bisa menggunakan pot dengan diameter 50 cm.
  • Kemudian bagian bawah dan samping pot dikasih lubang sebagai sirkulasi air.
  • Sebelum anda menyiapkan media tanam, anda harus menyiapkan dasar media dengan komposisi seperti batu bata dengan ketebalan 8 cm di bawah pot, pasir kasar dan sebongkah kapur dolomit sebanyak separuh dari jumlah bata.
  • Pasir dolomit campur rata dengan pasir untuk disimpan di bagian paling bawah dengan batu bata. Dimana dolomit ini fungsinya dapat menjadi kalsium alami.

Memasukan Media Tanam

Cara Menanam Anggur Import Dalam Pot

Jika pot sudah selesai disiapkan, selanjutnya yaitu memasukan media tanam, caranya seperti berikut ini:

  • Siapkan media tanam dengan komposisi tanah, sekam bakar, pasir dan kompos. Anda bisa menggunakan perbandingan 1:1:1. Semua media tanam tersebut disimpan dalam ember atau tempat yang akan digunakan untuk mencampur.
  • Jika anda menanam anggur di loteng bisa tanpa memakai pasir.
  • Tanah padas bisa digunakan karena mengandung banyak kalsium serta magnesium sehingga tidak memakai dolomit lagi. Sedangkan jika menggunakan tanah biasa silakan campurkan dengan dolomit.
  • Apabila media tersebut sudah tercampur rata, silakan masukan dalam pot. Untuk bibit anggur yang ukurannya kecil, anda bisa memasukan media sampai memenuhi pot.

Baca juga : Tips Perawatan Tanaman Anggur Setelah Panen

Masukan Bibit

Cara Menanam Anggur Import Dalam Pot

Selanjutnya silakan masukan bibitnya. Anda harus memilih bibit yang memiliki sambungan bagus, sebab kualitas dari grafting akan menentukan kualitas pertumbuhan anggur.

  • Sambungannya bisa dilapisi dengan menggunakan plastik lagi agar batangnya kuat.
  • Sebelum anda mengeluarkan bibit pada polybag, sisi-sisi polybag silakan tekan dengan perlahan supaya media nantinya akan lebih mudah untuk dikeluarkan.
  • Bibit diletakan pada pot yang telah diberikan media, lalu timbun lagi media hingga penuh.
  • Langkah selanjutnya silakan siram hingga penuh supaya nanti aerasi hingga ke bawah. Tunggu air hingga susut.
  • Setelah susut, air tambahkan lagi sampai ngocor.

Itulah cara menanam anggur import dalam pot yang dapat anda ikuti dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply