Cara Menggunakan Pupuk NPK Pada Tanaman Anggur yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Pupuk NPK Pada Tanaman Anggur yang Baik dan Benar – Salah satu perawatan tanaman anggur yaitu memberikan pupuk. Pupuk NPK merupakan salah satu pupuk yang biasanya dipakai untuk tanaman anggur. Pupuk NPK itu sendiri yaitu pupuk buatan yang dibuat dalam bentuk padat ataupun cair. Di dalamnya terkandung banyak unsur baik seperti Fosfor, Nitrogen dan kalium. Pupuk ini termasuk salah satu pupuk yang umum dipakai oleh petani.

Nah, agar anda tidak salah menggunakan pupuk NPK pada tanaman anggur, sebaiknya ketahui cara yang baik dan benar menggunakan pupuk ini. Namun, sebelum itu ketahui terlebih dahulu beberapa manfaat menggunakan pupuk NPK.

Cara Menggunakan Pupuk NPK Pada Tanaman Anggur

Manfaat Menggunakan Pupuk NPK

Adapun beberapa manfaat pupuk NPK untuk tanaman anggur seperti berikut ini.

  • Pupuk NPK akan mempercepat pertumbuhan tanaman anggur, serta menguatkan kondisi akar buah anggur. Sebab pupuk ini akan menyerap unsur hara yang terdapat pada tanah.
  • Menggunakan pupuk NPK termasuk salah satu cara untuk menyuburkan tanah. Pasalnya, pupuk ini tidak akan merusak keadaan tanah. Menggunakan pupuk NPK akan mencegah tanaman anggur kerdil.
  • Pupuk NPK akan mempercepat tumbuhnya tunas baru. Selain itu, tunas yang dihaslkan juga kualitasnya akan bagus. Tidak hanya itu, pupuk ini juga akan mencegah terjadinya daun dan buah rontok.
  • Dengan menggunakan pupuk NPK, maka produksi buah akan meningkat.

Baca juga : 5 Cara Stek Pohon Anggur yang Benar Supaya Berbuah Subur dan Lebat

Cara Menggunakan Pupuk NPK Pada Tanaman Anggur yang Baik dan Benar

Agar hasilnya maksimal, anda harus menggunakan pupuk dengan benar. Selain itu, pastikan anda  tidak menggunakannya dengan berlebihan. Yuk simak cara menggunakan pupuk NPK pada tanaman anggur berikut ini.

Cara Menggunakan Pupuk NPK Cair

Cara Menggunakan Pupuk NPK Pada Tanaman Anggur

Yang pertama, yaitu cara menggunakan pupuk NPK cair. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan seperti berikut ini.

  • Siapkan terlebih dahulu beberapa perlengkapan seperti 2 liter air bersih dalam ember, 1 kg pupuk NPK cair, pengaduk pupuk dari batang kayu atau lain sebagainya, beserta gayung maupun alat semprotan pupuk.
  • Kemudian masukan pupuk NPK yang sudah anda sediakan ke dalam ember. Aduk-aduk pupuk yang telah dicampurkan dengan merata memakai batang kayu hingga merata.
  • Setelah itu, silakan pupuk langsung disebarkan dengan menggunakan gayung ataupun semprotan pupuk yang sudah anda sediakan.
  • Hindari menggunakan pupuk terlalu berlebihan karena akan dapat merusak tanaman anggur.

Cara Menggunakan Pupuk NPK Padat

Cara Menggunakan Pupuk NPK Pada Tanaman Anggur

Pupuk NPK padat bagus apabila digunakan pada tanaman anggur dalam pot, sebab tanaman anggur akan dapat tumbuh dengan lebat. Yuk simak cara menggunakan pupuk NPK padat berikut ini.

  • Siapkan terlebih dahulu pupuk sebanyak 1 kg, sarung tangan, gayung dan ember kosong. Pastikan anda menyiapkan semua perlengkapan ini, kemudian pastikan pupuk padat tidak disimpan pada tempat basah sebab bisa saja akan menyatu dengan air.
  • Selanjutnya, pupuk yang sudah anda sediakan silakan masukan ke dalam ember.
  • Kemudian sebarkan pupuk pada area tanaman anggur dengan merata. Anda bisa menggunakan gayung atau menggunakan tangan yang sebelumnya sudah memakai sarung tangan.
  • Sedangkan untuk tanaman anggur pada pot, caranya yaitu dengan menebarkan pupuk pada sekitaran pot memakai gelas kecil supaya lebih teratur dan mencegah penggunaan pupuk dengan berlebihan.

Itulah cara menggunakan pupuk NPK, baik pupuk cair ataupun padat yang bisa anda ikuti. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply