3 Cara Menyimpan Buah Anggur Agar Awet dan Tetap Segar

Cara Menyimpan Buah Anggur Agar Awet dan Tetap Segar – Menanam buah anggur, merawat dan memanennya langsung tentu menjadi kebahagiaan tersendiri untuk anda. Waktu panen anggur menjadi hal yang menyenangkan karena anda bisa memetik buah anggur hasil menanam sendiri, kemudian menikmati hasilnya.

Menanam buah anggur bisa anda lakukan di halaman atau pekarangan rumah. Selain mempercantik pekarangan rumah, anda juga jadi bisa mendapatkan buahnya, baik untuk dijual atau dikonsumsi langsung.

Nah setelah panen, buah anggur tentu harus disimpan dengan benar agar awet dan tahan lama. Berikut ini cara menyimpan buah anggur agar tetap segar yang bisa anda ikuti.

Cara Menyimpan Buah Anggur

Cara Menyimpan Buah Anggur Agar Awet dan Tetap Segar

Tidak hanya untuk anggur hasil panen saja, namun langkah ini juga bisa anda lakukan untuk menyimpan buah anggur yang anda beli langsung. Mari simak cara menyimpan buah anggur berikut ini.

Perhatikan Kualitas Buah Anggur

Cara Menyimpan Buah Anggur

Langkah pertama menyimpan buah anggur agar awet dan tahan lama yaitu dengan memperhatikan kualitas dari buah anggur itu sendiri. Apabila kualitas anggur masih bagus dan kondisinya segar, maka walaupun disimpan dalam waktu lama buah akan tetap segar. Berbeda dengan buah anggur yang sudah busuk atau layu, buah akan cepat busuk meskipun sudah disimpan dengan benar.

  • Pertama, silakan pisahkan buah anggur yang kualitasnya baik dan sudah mulai layu.
  • Untuk buah anggur yang sudah layu bisa langsung anda konsumsi.
  • Sedangkan yang masih segar bisa anda simpan dengan baik dan benar.

Simpan Anggur Pada Tempat Terbuka

Cara Menyimpan Buah Anggur

Menyimpan buah anggur bisa pada ruangan terbuka atau bisa juga dimasukan pada lemari pendingin. Buah anggur yang disimpan pada ruangan terbuka akan bertahan selama kurang lebih 5 hingga 7 hari. Sedangkan buah anggur yang disimpan dalam kulkas akan bertahan hingga 2 minggu.

  • Jika anda akan menyimpan buah anggur pada ruangan terbuka, caranya yaitu dengan menyimpannya pada tempat yang bersih dan terbuka.
  • Anggur yang kondisinya masih baik pisahkan dengan yang sudah membusuk.
  • Simpan anggur pada tempat yang sejuk. Jauhkan buah anggur dari bahan makanan yang memiliki aroma tajam atau menyengat seperti ikan, bawang dan lain sebagainya.
  • Wadah yang digunakan untuk menyimpan anggur pastikan benar-benar kering. Pasalnya, anggur akan cepat membusuk jika disimpan pada tempat yang lembab.

Baca juga : Tips Perawatan Tanaman Anggur Setelah Panen

Simpan Anggur Pada Lemari Pendingin

Cara Menyimpan Buah Anggur

Jika ingin lebih awet lagi, anda bisa menyimpan anggur dalam lemari pendingin atau kulkas.

  • Caranya yaitu, simpan anggur pada plastik kedap udara. Selain itu, anda juga bisa menggunakan wadah tertutup.
  • Anggur bisa langsung disimpan, jangan dicuci terlebih dahulu.
  • Anggur yang kualitasnya sudah jelek harus dipisahkan.
  • Simpan anggur pada kulkas jauh dari bahan makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombai dan lain sebagainya agar buah anggur tetap awet dan rasa buah anggur tidak berubah.

Saat panen buah anggur, tentu anda tidak akan mengonsumsinya sekaligus. Nah, buah anggur harus disimpan dengan cara yang baik dan benar agar tetap awet. Anda bisa menyimpannya pada ruangan terbuka atau dalam lemari es. Jika ingin tahan lama sebaiknya simpan dalam lemari es. Beberapa panduan menyimpan anggur di atas bisa anda ikuti agar buah anggur tetap segar dan tetap enak dikonsumsi meskipun sudah disimpan berhari-hari. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply