5 Cara Merawat Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Maksimal

Cara Merawat Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Maksimal – Anggur merupakan salah satu buah yang bisa dibudidayakan dengan cara tabulampot. Melakukan budidaya tabulampot merupakan sebuah solusi jika ingin mengonsumsi buah hasil panen sendiri, bahkan bisa juga menjadi ladang bisnis. Nah, agar tabulampot anggur dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal, mudah berbunga dan berbuah, setelah menanamnya penting untuk melakukan perawatan dengan cara seperti berikut ini.

Cara Merawat Tabulampot Anggur

Cara Merawat Tabulampot Anggur Agar Tumbuh Maksimal

Apabila anda sudah menanam tabulampot anggur, anda tentu ingin tabulampot dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan supaya tanaman anggur yang anda tanam dapat berbuah, serta berbunga dalam waktu cepat. Nah, simak cara merawat tabulampot anggur di bawah ini.

Penyiraman Tanaman Anggur

Cara Merawat Tabulampot Anggur

Sama halnya seperti tanaman buah lainnya, tanaman buah anggur juga perlu kita siram dengan rutin. Yuk perhatikan tips menyiram tanaman anggur di bawah ini.

  • Anda harus menyiram tanaman anggur dengan rutin setiap pagi.
  • Hal yang harus diingat yaitu jangan menyiram tanaman anggur sampai media tanam anggur tergenang oleh air.

Pemupukan

Cara Merawat Tabulampot Anggur

Pemupukan tanaman anggur dapat anda lakukan ketika usianya sudah 4 bulan dengan memakai pupuk KCL dan pupuk SP-36.

  • Proses pemupukan sebaiknya anda lakukan setiap 10 hari sebelum anda melakukan pemangkasan tabulampot.
  • Setiap tanaman anggur, anda harus memberikan campuran pupuk masing-masing sebanyak 150 gram pupuk KCL dan pupuk SP-36.
  • Setelah 4 hari pemberian pupuk KCL dan SP-36, anda bisa memberikan 100 gram pupuk urea pada media tanam.
  • Agar lebih simpel dan tidak repot, anda bisa menyiapkan pupuk NPK dengan perbandingan 15:15:15 takarannya yaitu 300 gram saat 10 hari sebelum proses pemangkasan dilakukan.

Pemangkasan

Cara Merawat Tabulampot Anggur

Bagian daun dan cabang-cabang primer serta sekundernya harus dipangkas dengan berkala supaya pembungaan dan pembuahannya dapat berjalan dengan cepat.

  • Tabulampot anggur dapat dipangkas dimulai ketika usia tabulampot telah memasuki 1 tahun. Anda harus melakukannya saat akhir musim penghujan. Ini dilakukan agar tumbuhnya tunas baru pada tabulampot meningkat cepat ketika musim kemarau dan munculnya bunga serta buah akan lebih cepat pula.
  • Agar produktifitas berbuah meningkat, anda dapat melakukan pemangkasan kembali sekitar 20 hari setelah panen buah anggur. Sehingga dengan begitu akan muncul tunas baru. Pembungaan serta pembuahan kemudian akan terjadi kembali.

Baca juga : Tips Membeli Bibit Anggur yang Penting Diketahui

Stress Air

Cara Merawat Tabulampot Anggur

Proses pembungaan dan pembuahan pada tanaman buah biasanya hampir semua terjadi ketika musim kemarau. Pasalnya di musim ini tunas akan berkembang maksimal. Melakukan stress air menjadi salah satu cara agar tanaman mengira sedang musim kemarau. Dengan begitu pertumbuhan tunas akan menjadi maksimal.

Caranya yaitu dengan sengaja mengurangi volume air saat proses penyiraman sampai setengah volume normal, dilakukan seminggu sekali dengan rutin.

Membasmi Hama

Cara Merawat Tabulampot Anggur

Risiko hama perlu anda pertimbangkan ketika menanam tanaman anggur. Lalat buah biasanya hinggap pada tanaman anggur. Simak cara mengatasinya berikut ini.

  • Anda harus menyemprotkan insektisida dengan bahan Petragenol, atau cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu buah dibungkus dengan plastik.
  • Selain lalat buah, hama lainnya yang biasanya menyerang yaitu kutu daun, rayap, ulat dan kutu akar. Untuk dapat mengatasi semua hama tersebut caranya yaitu dengan menyemprotkan secara berkala intsektisida.

Itulah cara merawat tabulampot anggur agar tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply