4 Teknik Pemangkasan Anggur Agar Cepat Berbuah

Teknik Pemangkasan Anggur Agar Cepat Berbuah – Merawat anggur yang sudah kita tanam penting dilakukan agar dapat tumbuh maksimal dan berbuah banyak. Salah satu proses pemeliharaan tanaman anggur yaitu pemangkasan atau pruning. Pemangkasan pada pohon anggur itu sendiri pada umumnya dilakukan saat akan membentuk cabang sekunder, cabang tersier, serta ketika tanaman anggur akan dibuahkan. Jika pemangkasan tidak dilakukan, maka tanaman anggur pembuahannya tidak akan maksimal.

Teknik Pemangkasan Anggur

Baca juga : Tips Perawatan Tanaman Anggur Setelah Panen

Teknik Pemangkasan Anggur Agar Cepat Berbuah

Supaya tanaman anggur cepat berbuah, pemangkasan pada batang tersier perlu dilakukan. Nah, berikut ini beberapa teknik pemangkasan cabang tersier anggur supaya dapat cepat berbuah.

Teknik Reset Spur Pruning

Teknik Pemangkasan Anggur

Teknik pemangkasan cabang tersier pertama yang bisa anda pilih yaitu teknik reset spur pruning. Simak tipsnya berikut ini.

  • Caranya yaitu cabang tersier dipotong habis, tunas tidak disisakan pada cabang tersier.
  • Sebaiknya teknik ini dilakukan saat musim kemarau. Ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaharui cabang tersier apabila cabang tersier yang sebelumnya kondisinya tidak prima/sudah tua.
  • Hal yang harus anda ingat, teknik ini alangkah lebih baik dilakukan dicabang tersier yang dikembangkan dari tunas utama, sebab kualitasnya bagus. Anda harus mempertimbangkan jika ingin reset spur cabang tersier yang ditumbuhkan dari tunas air.

Teknik Short Spur Pruning

Teknik Pemangkasan Anggur

Teknik pemangkasan pendek ini merupakan teknik pemangkasan cabang tersier yang menyisakan 1 hingga 3 tunas dicabang tersier.

  • Apabila akan menyisakan 2 tunas, pemotongan dilakukan di bawah ruas ke 3.
  • Sedangkan apabila anda ingin menyisakan 1 tunas, pemotongan bisa dilakukan di bawah ruas ke 2. Begitupun jika anda akan menyisakan 3 tunas.
  • Short purning ini juga sebaiknya anda lakukan ketika musim kemarau, supaya pertumbuhannya maksimal.

Medium Spur Pruning

Teknik Pemangkasan Anggur

Selanjutnya ada teknik medium spur pruning, yakni teknik pemangkasan cabang tersier dengan menyisakan sebanyak 5 hingga 7 tunas.

Nah, apabila setelah pruning namun tunas bagian paling atas tumbuh pada ruas ke 5, maka ruas bagian atasnya harus dipotong supaya nutrisi pada tunas yang tumbuh menjadi lebih optimal.

Long Spur Pruning

Teknik Pemangkasan Anggur

Kemudian ada juga teknik long spur pruning atau pemangkasan panjang.

Cara melakukan long spur pruning atau teknik pemangkasan panjang yaitu pada cabang tersier. Menyisakan 10 hingga 12 mata tunas.

Kapan Sebaiknya Pemangkasan Dilakukan?

Melakukan pruning awal tidak ditentukan usia dari tanaman anggur, akan tetapi memperhatikan ukuran serta kematangan dari batang anggur. Apabila pemangkasan akan dilakukan pada batang primer atau sekunder, maka anda harus memastikan batang telah berkayu atau warnanya kecoklatan, batang ukurannya minimal sebesar pensil atau minimal 7 mm, namun jika lebih besar dan lebih matang, maka ukan lebih bagus.

Sedangkan teknik pruning untuk membuahkan tanaman anggur yaitu dilakukan pada batang tersier, setelah batang tersier tumbuh hingga lebih 14 daun. Dimana jumlah pruning batang tersier disesuaikan dengan jumlah anggur berbuah. Dalam setahun anggur biasanya akan mampu berbuah 2 hingga 3 kali tergantung dari varian angur itu sendiri. Tanaman anggur bisa dipangkas untu memaksakan pembuahan setiap 4 bulan sekali.

Itulah beberapa teknik pemangkasan anggur supaya lebih cepat berbuah. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply