4 Tips Agar Tabulampot Anggur Berbuah Banyak

Tips Agar Tabulampot Anggur Berbuah Banyak – Buah anggur termasuk salah satu buah favorit keluarga. Selain rasanya yang enak dan segar, buah anggur juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, pada kulit anggur terkandung senyawa resveratrol yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker serta penggumpalan darah.

Karena mengandung nutrisi yang bagus dan memiliki manfaat yang banyak, tidak ada salahnya anda mencoba menanam buah anggur sendiri di rumah. Anda bisa menanam anggur dengan cara tabulampot. Tabulampot itu sendiri merupakan budidaya tanaman buah dalam pot. Metode ini saat ini semakin populer, terutama di daerah perkotaan. Selain tidak memerlukan lahan yang luas, perawatan tabulampot anggur lebih mudah karena bisa tumbuh pada dataran tinggi ataupun dataran rendah.

Baca juga : Tips Pembiakan Tanaman Anggur dengan Grafting

Nah, agar tabulampot anggur dapat berbuah banyak, maka anda harus mengetahui beberapa tipsnya. Berikut ini beberapa tips tabulampot anggur berbuah banyak yang dapat anda simak.

Tips Agar Tabulampot Anggur Berbuah Banyak

Tips Agar Tabulampot Anggur Berbuah Banyak

Anda tentu ingin anggur yang ditanam berbuah banyak bukan? Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya tabulampot anggur berbuah banyak, seperti pemupukan, pemangkasan, stres air hingga penjarangan. Yuk simak berikut ini.

Pemupukan

Tips Agar Tabulampot Anggur Berbuah Banyak

Dengan pemupukan yang tepat anggur akan berbuah banyak. Yuk simak tips pemupukan berikut ini.

Memberikan pupuk KCL akan merangsang bunga pada tabulampot anggur. Pemupukan dapat dilakukan 10 hari sebelum pemangkasan berat bersama dengan memberikan pupuk SP-36. Dosis pupuk KCL yaitu 150 gram dan SP-36 150 gram untuk setiap tanaman.

  • Kemudian 5 hari setelah dilakukan pemupukan KCL dan SP-36, tanaman dipupuk lagi dengan 100 gram urea.
  • Ketiga pupuk tersebut penggunaannya dapat diganti dengan pupuk majemuk NPK 15:15:15, banyaknya 300 gram dengan waktu pengaplikasian yang sama.
  • Selain itu, pupuk anorganik juga bisa digantikan dengan pupuk organik seperti kotoran kelelawar, kotoran ayam atau bisa juga dengan menggunakan kotoran burung walet.

Pemangkasan

Tips Agar Tabulampot Anggur Berbuah Banyak

Pemangkasan dapat dilakukan ketika tanaman usianya satu tahun. Perhatikan tips berikut ini.

  • Pemangkasan yang baik bisa dilakukan menjelang akhir musim hujan atau dapat dilakukan setelah stres air. Ini dilakukan agar tunas dapat tumbuh dengan cepat.
  • Pemangkasan dapat dilanjutkan 15 sampai 20 hari panen buah. Sehingga tanaman bisa dipanen dan dipangkas 3 kali setahun.

Stres Air

Tips Agar Tabulampot Anggur Berbuah Banyak

Metode stres air dilakukan dengan cara mengurangi penyiraman hingga seminggu sekali. Akan tetapi apabila tanaman anggur menunjukan gejala layu yang parah, anda bisa segera melakukan penyiraman sedikit demi sedikit agar tanaman tidak mati.

  • Tanaman anggur dibiarkan tidak disiram dua minggu sebelum dilakukan pemangkasan.
  • Kemudian 2 sampai 3 hari menjelang pemangkasan, tanaman dapat disiram kembali sampai lembab.

Penjarangan dan Pembungkusan

Tips Agar Tabulampot Anggur Berbuah Banyak

Selanjutnya yaitu dengan dilakukannya penjarangan dan pembungkusan. Simak tipsnya di bawah ini.

  • Penjarangan bisa dilakukan 50 hingga 60 hari setelah dilakukannya pemangkasan atau ketika buah anggur ukurannya sebesar kelereng.
  • Anda bisa menyisakan satu cabang dengan dua tandan buah terbaik.
  • Buah yang sudah dijarang bisa dibungkus supaya rasanya lebih manis.
  • Pembungkusan dapat dilakukan sebulan sebelum dilakukannya panen.

Itulah beberapa cara agar tabulampot anggur berbuah banyak. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply