3 Tips Membeli Bibit Anggur yang Penting Diketahui

Tips Membeli Bibit Anggur yang Penting Diketahui – Anggur merupakan salah satu buah yang banyak digemari. Memiliki rasa yang manis dan segar, buah ini lezat dinikmati langsung. Untuk para pecinta anggur, banyak yang mulai memutuskan untuk menanam pohon anggur sendiri di rumah. Sehingga tak heran jika bibit buah anggur banyak dicari. ┬áDi samping itu, harga buah anggur cukup mahal, sehingga menanam sendiri di rumah menjadi langkah yang bisa dilakukan.

Nah, ketika ingin memutuskan menanam anggur sendiri di rumah, penting untuk memilih bibit anggur terlebih dahulu. Memilih bibit anggur tentu tidak boleh dilakukan asal-asalan. Anda harus memperhatikan beberapa tips ini saat membeli atau memilih bibit anggur.

Tips Membeli Bibit Anggur

Tips Membeli Bibit Anggur yang Penting Diketahui

Agar tidak salah pilih bibit anggur, yuk simak tips membeli bibit anggur berikut ini.

Memilih Bibit Anggur Berkualitas

Tips Membeli Bibit Anggur

Tips pertama yang harus anda perhatikan saat membeli bibit anggur yaitu tentu membeli bibit yang memiliki kualitas baik. Bibit yang berkualitas akan menghasilkan buah yang bagus. Oleh karena itu, saat hendak membeli bibit buah anggur perhatikan beberapa tips ini.

  • Perhatikan atau lihat kondisi daun serta batangnya.
  • Jika daunnya memiliki warna hijau segar, serta batangnya kokoh bibit anggur tersebut memiliki kualitas baik.
  • Jika anda membeli bibit anggur secara online, anda sebaiknya meminta garansi apabila bibit rusak diperjalanan atau spesifikasinya tidak sesuai dengan yang anda lihat pada catalog.
  • Apabila anda baru mengenal seputar anggur, maka sebaiknya membeli bibit dengan jenis yang telah adaptasi, serta dibuahkannya tidak terlalu sulit.

Baca juga :Cara Membuahkan Tabulampot Anggur

Gunakan Pupuk yang Tepat

Tips Membeli Bibit Anggur

Jika anda sudah mendapatkan bibit yang berkualitas baik, langkah selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu memilih pupuk yang tepat untuk bibit anggur yang anda tanam. Perhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Pupuk yang bisa anda gunakan yaitu pupuk herbal atau pupuk alami, serta pupuk buatan.
  • Saat pemberian pupuk, anda bisa memberikan pupuk setelah 10 hari bibit anggur ditanam. Anda harus memberikan pupuk dengan rutin supaya bibit pohon anggur dapat tumbuh dengan subur.
  • Sedangkan untuk pupuk kimia, anda dapat memberikan NPK 2 atau 1 sendok makan, kemudian larutkan dalam air sebanyak 10 liter. Anda bisa menyiramkannya 4 minggu sekali. Lakukan hingga pohon anggur berusia 8 bulan.
  • Jika tanaman usianya sudah 8 bulan ke atas, anda dapat memberikan pupuk MKP sebanyak 2 sendok makan, larutkan dengan menggunakan air sebanyak 10 liter. Anda bisa melakukannya 2 minggu sekali hingga usia pohon anggur 12 bulan.
  • Setelah itu, tanaman akan siap dibuahkan dengan cara pemangkasan bagian ujungnya.

Perhatikan Media Tanam

Tips Membeli Bibit Anggur

Media tanam adalah tempat yang digunakan untuk menanam bibit anggur. Oleh karena itu, media tanam memiliki peran penting dalam perkembangan bibit tanaman anggur. Tanah dengan kondisi yang gembur sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit anggur.

  • Belilah media tanam yang kondisi tanahnya gembur.
  • Selain itu, bisa juga anda buat media tanam dari campuran tanah, pasir, serta kompos.
  • Setelah tanaman anggur ditanam, maka anda harus merawatnya dengan baik hingga berbuah.

Itulah beberapa tips membeli bibit anggur yang penting diketahui sebelum anda menanam anggur. Dengan memilih bibit anggur yang baik, maka buah yang akan dihasilkan pun berkualitas. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply