2 Tips Membuahkan Anggur dengan Mudah

2 Tips Membuahkan Anggur dengan Mudah – Untuk anda yang hobi berkebun, menanam anggur dapat menjadi pilihan yang tepat. Tanaman anggur memerlukan perhatian ekstra supaya bisa berbuah cepat. Dimana cara membuahkan anggur itu sendiri bukanlah hal yang mudah.

Tips Membuahkan Anggur

2 Tips Membuahkan Anggur dengan Mudah

Nah, ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk membuahkan anggur, caranya yaitu dengan metode stres air serta metode tanpa stres air. Yuk simak tips membuahkan anggur di bawah ini.

Membuahkan Anggur dengan Metode Stres Air

Tips Membuahkan Anggur

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuahkan anggur yaitu dengan menggunakan metode stres air. Dimana metode ini dilakukan dengan mengeringkan media tanam anggur selama beberapa hari. Tanaman yang tidak mendapatkan air akan berdampak pada kondisi layu dan stres yang disebabkan akibat dehidrasi. Apabila tanaman sudah terlihat layu, kemudian stres air bisa dihentikan. Anda bisa kembali melakukan penyiraman dengan rutin saat pagi dan sore hari supaya tanaman segar kembali.

  • Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan pemangkasan cabang-cabang anggur. Anda dapat menyisakan mata tunas beberapa. Dimana mata tunas tersebut akan membawa calon bunga. Nah, supaya cara membuahkan anggur dengan metode stres air berhasil, berikut cara yang bisa dilakukan.
  • 15 hari sebelum dilakukannya pemangkasan, anda dapat memberikan pupuk kandang. Aplikasikan pupuk kandang mengelilingi tanaman anggur, jaraknya 40 cm. Selanjutnya silakan taburkan kapur dolomit dengan merata di atas permukaan tanah.
  • 10 hari sebelum dilakukannya pemangkasan, anda dapat memberikan pupuk MKP dan pupuk KNO3 putih sebanyak masing-masing ½ sendok teh yang sebelumnya sudah dilarutkan dalam air bersih sebanyak 1 gelas. Kemudian bisa disiramkan pada media tanam.
  • Kemudian 5 hari sebelum pemangkasan, anda bisa memberikan pupuk MKP serta KNO3, dosisnya sama seperti di atas. Dimana mulai hari ini pemberian air dihentikan.
  • 1 hari sebelum dilakukannya pemangkasan, stres air bisa dihentikan. Pada malam harinya air bisa diberikan.
  • Ketika hari dilakukannya pemangkasan, pada pagi hari tanaman dapat disiram, 1 hingga 2 jam setelahnya anda bisa melakukan pemangkasan. Anda bisa memilih cabang yang dekat dengan batang pokok. Lalu potong, sisakan 2 mata tunas dari pangkal. Untuk cabang yang lainnya dipotong hingga habis. Penyiraman tanaman anggur dilakukan 1 hingga 2 kali dalam sehari sejak hari ini.
  • Selanjutnya 6 hari setelah dilakukan pemangkasan, neem oil dapat disemprotkan, dosisnya yaitu 5 ml/liter + 1 sendok makan sabun cair yang berfungsi sebagai perekat untuk mencegah penyakit dan hama.
  • 7 hari setelah dilakukannya pemangkasan, anda bisa menyemprotkan HORMAX, dosisnya yaitu 5 l/liter pada seluruh batang anggur. Ini dilakukan agar  keberhasilan membuahkan anggur meningkat.

Cara Membuahkan Anggur dengan Metode Tanpa Stres Air

Tips Membuahkan Anggur

Selain dengan metode stres air, cara membuahkan anggur  yang bisa dilakukan yaitu dengan metode tanpa stres air. Dengan metode ini bibit anggur tetap disiram dengan normal. Nah, agar cara membuahkan anggur dengan metode ini dapat berhasil, simak caranya di bawah ini.

  • Anda dapat memberikan pupuk kandang dan kapur dolomit. Dosisnya sama seperti  metode pengeringan. Anda dapat melakukannya sekali saja 30 hari sebelum dilakukannya pemangkasan. Lalu berikan pupuk MKP serta KNO3 putih, takarannya yaitu ½ sendok teh, larutkan dalam air sebanyak 1 gelas. Lalu guyurkan pada bibit. Cara ini dapat dilakukan sebanyak 4 kali dalam seminggu.
  • Kemudian dihari pemangkasan anda bisa melakukan pemangkasan dengan cara seperti pada metode pengeringan.
  • Selanjutnya pada hari ke 6 setelah dilakukannya pemangkasan, bibit silakan semprot dengan menggunakan neem oil.
  • Pada hari ke 7 setelah dilakukannya pemangkasan, anda bisa menyemprotkan HORMAX.

Baca juga : 6 Tips Menanam Anggur di Taman

Nah, itulah beberapa tips membuah anggur dengan dua metode yang berbeda, yakni metode stres air dan metode tanpa stres air. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply