6 Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam – Tanaman anggur biasanya diperbanyak dengan cangkok dan stek. Namun, anda juga bisa menanam anggur dari biji. Nah, di bawah ini tips menyiapkan biji anggur yang akan ditanam.

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Beberapa persiapan menanam biji anggur, mulai dari memilih varietas hingga menanam biji anggur yang tepat.

Memilih Varietas yang Tepat

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Buah anggur itu sendiri memiliki banyak varietasnya. Agar berhasil menanam buah anggur, maka anda harus memilih varietas yang tepat dan sesuai dengan daerah anda. Nah, dalam memilih varietas anggur yang akan ditanam, anda bisa simak tips di bawah ini.

  • Pilihlah varietas yang sesuai dengan tujuan anda. Misalkan ingin menikmati buahnya, diolah menjadi minuman, diolah menjadi selai atau bahkan hanya untuk mempercantik halaman rumah saja.
  • Sesuaikan dengan iklim di rumah anda. Ada beberapa varietas tertentu yang hanya cocok ditanam pada iklim dan area geografis tertentu. Sebelumnya, anda harus memilih varietas anggur yang bisa dengan baik tumbuh di tempat tinggal anda.

Mendapatkan Biji Anggur

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Jika anda sudah menentukan varietas atau jenis anggur yang akan ditanam di daerah anda, kemudian anda bisa mendapatkan bijinya. Biji anggur itu sendiri bisa didapatkan dari buah anggur yang anda beli atau mendapatkannya dari orang lain.

  • Anda harus membeli buah anggur sesuai dengan jenis yang ingin ditanam.
  • Kemudian anda bisa mengumpulkan bijinya.

Memilih Biji yang Layak Untuk Ditanam

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Setelah mengumpulkan biji anggur, langkah selanjutnya yaitu memeriksa apakah biji anggur yang anda pilih kondisinya baik dan sehat atau tidak. Anda bisa meremas biji anggur dengan lembut  memakai jari tangan anda. Jika kondisi bijinya sehat maka saat disentuh akan terasa.

  • Silakan periksa warna dari biji buah anggur. Jika kondisi biji anggur sehat akan terdapat endosperma yang warnanya abu-abu pucat atau putih di bagian bawah bijinya.
  • Biji anggur silakan masukan dalam air. Jika kondisi bijinya sehat, ketika dimasukan air akan tenggelam. Untuk biji yang mengapung bisa dibuang.

Siapkan Biji Untuk Ditanam

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Langkah berikutnya yaitu menyiapkan biji anggur supaya siap untuk ditanam. Simak di bawah ini.

  • Silakan ambil biji anggur, lalu cuci sampai bersih sampai kotoran dan ampasnya hilang.
  • Selanjutnya silakan biji anggur direndam dengan menggunakan air suling selama kurang lebih 24 jam.

Stratifikasi Biji Anggur

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Untuk biji anggur, waktu terbaik untuk stratifikasi yaitu bulan Desember. Simak di bawah ini.

  • Silakan sediakan tempat untuk biji anggur. Kemudian anda bisa memasukan benda lunak seperti pasir, tisu basah, peat moss basah atau vermikulit dalam kantong yang kedap udara.
  • Biji anggur masukan dalam media pada kantong yang kedap udara. Biji silakan tutup dengan menggunakan media tanam kurang lebih  ketebalan 1 cm.
  • Selanjutnya biji dimasukan dalam kulkas. Untuk melakukan stratifikasi suhu idealnya yaitu 1-3 derajat Celcius. Dimana kulkas menjadi tempat yang ideal. Dalam kulkas biji anggur bisa didiamkan selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan. Pastikan bijinya jangan sampai membeku.

Menanam Biji

Tips Menyiapkan Biji Anggur Untuk Ditanam

Jika sudah, silakan biji dikeluarkan dalam kulkas. Lalu anda bisa menanamnya dalam pot yang telah diberikan media tanam. Masing-masing biji tanam pada pot kecil dengan terpisah. Selain itu, biji juga bisa ditanam dalam pot yang ukurannya besar, beri jarak sekitar 4 cm.

  • Biji harus tetap hangat. Supaya biji dapat berkecambah, maka dibutuhkan suhu setidaknya 20 derajat Celcius saat siang dan saat malam sekitar 15 derajat Celcius.
  • Media tanam harus tetap lembab namun tidak becek. Media tanam bisa dibasahi dengan air dengan cara disemprot apabila tanahnya kering.
  • Pastikan anda selalu memeriksa pertumbuhan biji anggur. Umumnya biji anggur bertunas 2 hingga 8 minggu.

Itulah tips menyiapkan biji anggur untuk ditanam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply