4 Tips Merawat Media Tanam Anggur Agar Tetap Subur

Tips Merawat Media Tanam Anggur Agar Tetap Subur – Biasanya banyak petani anggur yang hanya memperhatikan perawatan tanaman anggur saja. Padahal hal yang tidak kalah penting lainnya yang harus diperhatikan yaitu media tanam anggur. Media tanam anggur membutuhkan perawatan rutin agar tetap subur, gembur dan sehat dalam jangka waktu yang panjang. Nah, untuk menjaga kualitas tanaman anggur, berikut ini beberapa tips merawat media tanam anggur.

Tips Merawat Media Tanam Anggur

Tips Merawat Media Tanam Anggur Agar Tetap Subur

Selain tanaman anggur, penting juga untuk merawat media tanam anggur. Perawatan media tanam anggur bisa dilakukan dengan memperhatikan tips ini.

Baca juga : Tips Perawatan Tanaman Anggur Setelah Panen

Jangan Masukan Pestisida Sintetis

Tips Merawat Media Tanam Anggur

Pestisida sintetis atau pestisida kimia akan dapat membunuh sebagian besar mikroorganisme tanah yang bermanfaat seperti cendawan, cacing, bakteri dan lain sebagainya. Jika media tanam kekurangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat, maka media tanam akan dikuasai oleh patogen tanah atau mikroorganisme yang merugikan. Patogen tanah ini merupakan penyebab munculnya hama, serta penyakit akar yang akan berdampak buruk untuk pohon anggur.

Oleh karena itu, hindari menggunakan pestisid sintetis apapun pada media tanam anggur agar tetap subur.

Menambahkan Bahan Organik dengan Berkala

Tips Merawat Media Tanam Anggur

Bahan organik tanah diperlukan oleh media tanam anggur sebagai sumber makanan untuk mikroorganisme tanah. Jumlah bahan organik pada media tanam akan berkurang dengan seiringnya waktu karena dimakan oleh mikroorganisme tanah.

  • Oleh karena itu, anda harus menambahkan bahan organik yang baru berupa pupuk kandang atau kompos setidaknya sebanyak 3 hingga 4 bulan sekali.
  • Cara menambahkannya sangat mudah. Anda cukup menabur secukupnya dengan merata pada permukaan media tanam anggur.
  • Setelah itu, kompos atau pupuk kandang tutup dengan menggunakan tanah supaya tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Jika pot sudah penuh, anda bisa menguranginya secukupnya agar kompos atau pupuk kandang mempunyai ruang.

Menyiram Tanaman Anggur dengan Baik dan Benar

Tips Merawat Media Tanam Anggur

Lakukan penyiraman tanaman anggur dengan baik dan benar. Nah. Ada 3 hal yang sebaiknya anda perhatikan ketika menyiram pohon anggur seperti berikut ini.

  • Air untuk menyiram harus anda tuangkan sedekat mungkin pada media tanam. Jangan menyiramnya terlalu tinggi. Karena menuangkan air terlalu tinggi akan menyebabkan media tanam cepat memadat. Hindari juga menggunakan selang air dengan tekanan tinggi ketika menyiram.
  • Jangan menyiram media tanam anggur dengan berlebihan agar tidak banyak air yang keluar dari dasar pot. Ini akan menyebabkan nutrisi pada media tanam terbuang. Selain itu, jika media tanam sering tercuci air akan mudah mengalami penurunan pH menjadi asam.
  • Jangan menyiram dengan menggunakan air PDAM. Zat klorin terkandung pada air PDAM yang akan mengendap pada media tanam. Dimana endapan tersebut akan dapat menyebabkan masalah pada pohon anggur.

Hindari Menggemburkan Media Tanam dengan Menggunakan Alat

Tips Merawat Media Tanam Anggur

Menggemburkan media tanam dengan menggunakan alat akan menyebabkan nutrisi pada media tanam menguap ke udara. Pasalnya pori-pori pada media tanam akan terbuka lebar. Hal ini juga akan menyebabkan terganggunya ekosistem mikroorganisme yang bermanfaat.

  • Cara mudah dan aman agar media tanam tetap gembur yaitu rutin menambahkan bahan organik.
  • Selain itu, anda dapat menambahkan beberapa ekor cacing tanah pada media tanam saat awal penanaman anggur pada pot.

Itulah tips merawat media tanam anggur agar tetap subur dan berkualitas. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply