3 Tips Merawat Tanaman Anggur di Musim Hujan

Tips Merawat Tanaman Anggur di Musim Hujan – Interval hujan tinggi akan menyebabkan tanaman anggur dan lingkungan kelembabannya tinggi. Kondisi seperti ini akan dapat membuat tanaman anggur rentan mengalami infeksi jamur. Hal ini akan berdampak terhadap rusaknya daun, seperti bagian ujung daun yang kekeringan, terdapat bercak kuning pada sebagian daun hingga tunas pertumbuhannya semakin kecil.

Oleh karena itu, anda harus merawat tanaman anggur dengan baik dan benar ketika musim hujan. Perawatannya harus dilakukan dengan intensif supaya serangan jamur bisa dikendalikan. Nah, berikut ini perawatan tanaman anggur saat musim hujan yang bisa anda lakukan.

Tips Merawat Tanaman Anggur di Musim Hujan

Tips Merawat Tanaman Anggur di Musim Hujan

Tips merawat tanaman anggur di musim hujan yaitu pengendalian secara mekanis hingga pemupukan. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Pengendalian Secara Mekanis

Tips Merawat Tanaman Anggur di Musim Hujan

Perlu dilakukan pengendalian secara mekanis, sebab pengendalian secara kimiawi dengan mengaplikasikan fungisida diketahui kurang efektif apabila curah hujan tinggi.

  • Cara pengendalian mekanis yang bisa dilakukan yaitu mengurangi kelembaban kebun, caranya dengan memangkas ranting serta daun yang terinfeksi oleh penyakit.
  • Daun dan ranting terinfeksi yang sudah dipangkas silakan dikumpulkan, kemudian bakar.
  • Tidak hanya membantu mengurangi sumber infeksi saja, namun dilakukannya pemangkasan juga akan membuat kelembaban tanaman anggur berkurang.

Pemupukan Tanaman

Tips Merawat Tanaman Anggur di Musim Hujan

Pemupukan tanaman dilakukan agar kebutuhan unsur hara anggur terpenuhi. Unsur hara itu sendiri memiliki peran sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan tanaman anggur. Selain itu, juga berfungsi agar daya tahan tanaman anggur meningkat terhadap serangan penyakit. Apalagi saat musim hujan, biasanya tanaman akan rentan terserang oleh penyakit.

  • Pupuk yang digunakan untuk memberikan nutrisi pada tanaman anggur yaitu pupuk NPK dengan dosis 4 sendok makan untuk 10 iter air.
  • Agar kekebalan tanaman meningkat dari serangan penyakit, anda bisa memakai pupuk kalsium (Ca). Kalsium memiliki peran penting untuk tanaman, baik bagi pertumbuhan maupun kesehatannya. Agar terhindar dari serangan penyakit, maka tanaman anggur harus diberikan pupuk kalsium dengan kadar yang cukup, tidak berlebihan. Anda harus menyesuaikannya dengan dosis yang tertera di label kemasan.
  • Untuk tanaman anggur dosis yang dipakai yaitu 1 sendok makan untuk 10 liter air.
  • Untuk dosis yang banyak atau lebih sedikit bisa disesuaikan dengan takaran di atas.
  • Apabila pupuk sudah siap, silakan masukan berdasarkan dosis, serta kebutuhan dalam air. Anda bisa mencampurkannya dan aduk sampai larut.

Gemburkan Tanah Sebelum Mengaplikasikan Pupuk

Tips Merawat Tanaman Anggur di Musim Hujan

Sebelum mengaplikasikan pupuk, anda harus menggemburkan tanah terlebih dahulu di sekitar tanaman supaya pupuk bisa meresap dengan sempurna.

  • Buatlah dengan sedemikian rupa supaya air nantinya tidak menggenang yang akan dapat memicu pertumbuhan jamur.
  • Silakan pupuk diaplikasikan dengan cara menyiramkan pada sekeliling tanaman, dosisnya¬† 2 gayung sedang pada tiap tanaman anggur.
  • 2 minggu sejak dilakukannya pemangkasan serta pemupukan, maka akan terlihat tunas-tunas baru tumbuh normal dan sehat.

Baca juga : 3 Cara Menanam Anggur Import Dalam Pot

Itulah tips merawat tanaman anggur di musim hujan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply