Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot

4 Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot Agar Mudah Berbuah

Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot Agar Mudah Berbuah – Anggur merupakan salah satu buah yang digemari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang enak dengan kandungan nutrisinya yang beragam. Pada anggur terkandung tinggi antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini hingga mencegah kanker.

Untuk anda yang hobi berkebun, menanam anggur dapat menjadi pilihan. Penanaman buah anggur tidak sulit, bahkan dapat dilakukan pada pot. Meskipun begitu anda harus mengetahui tips dan trik yang benar agar tanaman anggur tumbuh sehat dan dapat berbuah cepat.

Nah, setelah anda menanam anggur dalam pot, mulai dari pemilihan pot yang baik, menyiapkan media tanam, dan penanaman. Anda harus mengetahui tips perawatannya seperti berikut ini.

Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot

Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot Agar Mudah Berbuah

Menanam tanaman anggur dalam pot diperlukan perawatan yang intensif. Merawat anggur dalam pot tentunya sama seperti merawat tanaman anggur di lahan, namun lebih mudah untuk dilakukan. Nah, perawatan yang harus anda lakukan seperti berikut ini.

Penuhi Nutrisinya

Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot

Ketika anda menanam anggur, salah satu hal penting yang harus anda perhatikan yaitu perawatannya. Ini dilakukan untuk memenuhi nutrisi tanaman anggur agar mudah berbuah.

  • Cara memenuhi nutrisi anggur dalam pot yaitu dengan menggemburkan tanah yang dicampurkan pupuk kompos.
  • Di masa perawatannya anda dapat memberikan pupuk kompos maupun jenis pupuk lainnya dengan berkala. Lakukan minimal sebanyak dua minggu sekali.

Baca juga : Cara Tanam Anggur Di Pekarangan Rumah

Penyiraman

Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot

Selain memenuhi nutrisinya, penyiraman juga menjadi hal yang dibutuhkan oleh tanaman anggur. Perhatikan tipsnya seperti di bawah ini.

  • Tanah dalam pot tempat anggur ditanam pastikan kondisinya tidak kering atau tetap dalam keadaan lembab.
  • Meskipun harus lembab, namun jangan sampai airnya menggenang.
  • Selain menyiram tanaman anggur, di bagian tanah dan daun anda juga dapat menyemprotnya tipis-tipis.
  • Penyiraman dapat dilakukan setiap hari yaitu saat sore hari. Saat menyiram tanaman anggur, anda harus melakukannya dengan hati-hati supaya air tidak merusak media tanam. Jika saat melakukan penyiraman tidak hati-hati, maka akan dapat menyebabkan posisi akar berubah sehingga tanaman akan mudah mati.

Berikan Media Rambat

Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot

Anggur merupakan salah satu tanaman rambat. Ketika menanam anggur anda jangan membiarkannya begitu saja. Tanaman anggur membutuhkan media rambat yang bisa anda sematkan pada pot. Fungsi dari rambatan atau tajir itu sendiri sangat penting supaya tanaman anggur bisa tumbuh dengan lurus.

  • Buatlah media rambat atau tajir dengan ketinggian 1 sampai 1,45 meter. Gunakan bambu ataupun kayu untuk media rambatnya.
  • Pada setiap pot anda harus menancapkan sekitar 4 tajir yang bermanfaat sebagai penyangga ataupun rambatan tanaman anggur supaya tetap bisa berdiri tegak.

Pemangkasan

Tips Merawat Tanaman Anggur Pada Pot

Anda harus melakukan pemangkasan dengan berkala. Dengan dipangkas secara berkala maka pertumbuhan bunga pada tanaman anggur akan dapat terangsang, sehingga akan mempercepat buah muncul. Perhatikan tips pemangkasan di bawah ini.

  • Apabila cabang tersier warnanya sudah kecoklatan atau umurnya setidaknya 3 sampai 4 bulan, anda bisa melakukan pemangkasan.
  • Anda dapat memangkas bagian ruas ke 4 atau ke 5 di cabang tersier. Setelah dilakukannya pemangkasan biasanya akan merangsang pertumbuhan bunga yang akan menghasilkan buah.

Itulah beberapa tips merawat tanaman anggur pada pot agar lebih mudah berbuah. Tips di atas harus anda perhatikan dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Scroll to Top