Tips Pemupukan Tanaman Anggur Dalam Pot

Tips Pemupukan Tanaman Anggur Dalam Pot – Bagi anda yang tidak memiliki lahan luas di rumah, anda bisa menanam anggur pada pot. Agar tumbuh subur dan maksimal, menanam anggur pada pot juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Mulai dari menyiapkan bibit, media tanam hingga perawatan.

Salah satu perawatan penting dalam menanam anggur yaitu pemupukan. Pemberian pupuk sangat penting agar kebutuhan nutris anggur dapat terpenuhi dan berkembang dengan baik. Apalagi jika tanaman anggur pada pot terbatas untuk mendapatkan unsur hara. Sehingga agar tanaman anggur pada pot mendapatkan unsur hara yang cukup, maka harus rutin dilakukan pemupukan.

Pemberian pupuk pada anggur dalam pot juga harus dilakukan dengan baik, tepat dan menggunakan jenis pupuk yang tepat, dosisnya sesuai serta cara mengaplikasikannya benar. Untuk mengetahui cara memupuk tanaman anggur dalam pot dengan baik dan benar, mari simak pembahasan di bawah ini.

Tips Pemupukan Tanaman Anggur Dalam Pot

Tips Pemupukan Tanaman Anggur Dalam Pot

Pemupukan pada tanaman anggur di pot dalam waktu pemberiannya dilakukan menjadi 2, yaitu mingguan dan bulanan. Untuk lebih jelasnya mari simak di bawah ini.

Pemupukan Bulanan

Tips Pemupukan Tanaman Anggur Dalam Pot

Pemupukan ini dilakukan tiap sebulan sekali. Dimana pupuk yang dipakai yaitu pupuk NPK( nitrogen, phosphate, kalium). Pemberian pupuk ini dilakukan sejak pohon anggur pada pot berusia 0 hari atau saat pertama kali penanaman sampai beberapa bulan hingga tanaman anggur dapat dilakukan pemangkasan. Ini dilakukan untuk merangsang bunga atau ketika tanaman masuk pada fase generatif.

Ketika tanaman anggur sudah masuk fase generatif, yang diberikan bukan lagi pupuk NPK namun pupuk P (phosphate) dan K (Kalium). Dimana pupuk P bisa didapatkan dari pupuk TS ataupun pupuk MAP, untuk pupuk K bisa didapatkan dari pupuk KCL atau pupuk KNO. Jika ingin lebih praktis anda bisa mendapatkan pupuk P dan pupuk K dari pupuk MKP  ( mono kalium phosphate).

  • Sebagai cara mengaplikasikan pupuk NPK yaitu dengan ditabur. Anda bisa menyiram terlebih dahulu media tanam pada pot yang hendak dipupuk. Lalu pada sekeliling pangkal tanaman silakan taburkan pupuk NPK, dosisnya 2 sendok makan untuk per tanaman per pot. Setelah itu, anda bisa menutup lagi dengan memakai media tanam yang sama.
  • Untuk cara mengaplikasikan pupuk MKP yaitu disiramkan atau dikocor pada media tanam di pot. Caranya yaitu pertama timbun terlebih dahulu akar tanaman yang terlihat di permukaan media. Anda bisa menimbunnya dengan memakai media berupa arang sekam dan kompos, tipis-tipis saja. Setelah itu, silakan pupuk MKP sebanyak 1 sendok teh dilarutkan dalam air sebanyak 2 liter.  Siramkan dengan merata di media tanam pada pot.

Cara Pemupukan Mingguan

Tips Pemupukan Tanaman Anggur Dalam Pot

Pemupukan ini dilakukan setiap seminggu sekali. Dimana pupuk yang dipakai yaitu POC atau pupuk organik cair. Pupuk ini bisa  anda buat sendiri, caranya mudah  dan bahan yang dibutuhkannya juga praktis.

  • Untuk mengaplikasikan pupuk ini caranya yaitu dengan disiramkan atau dikocor pada media tanam di pot.
  • Untuk setiap pot dosisnya yaitu 200 hingga 240 ml yang dicampurkan pada air sebanyak 1,5 liter. Lalu pupuk ini dengan perlahan disiramkan pada media di pot dengan merata.

Nah, itulah cara memupuk tanaman anggur pada pot yang bisa anda simak. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply